Wednesday 21 December 2016


Kegiatan bulanan yang menjadi salah satu program utama Tim Taman Baca Galuh Tabayun kembali dilaksanakan untuk kali ketiganya.
(untuk yang pertama dan yang kedua bisa dilihat dokumentasinya di tab Galeri)
Anak Membaca Anak Ceria merupakan program Roadshow bulanan Taman Baca Galuh Tabayun yang dilaksanakan setiap 1 bulan sekali di setiap lokasi yang berbeda. Tujuan dari kegiatan ini adalah guna merangsang minat baca anak-anak di usia dini, sehingga dimulai pada usia seperti mereka ini sudah timbul minat untuk gemar membaca. Kegiatan Anak Membaca Anak Ceria ini juga merupakan aksi nyata yang ditunjukan oleh FORMAGAT guna mendukung Gerakan Ciamis Membaca yang diusung oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis.
Tanggal 17 Desember 2016 sekitar pukul 18.00 WIB Tim bertolak dari sekretariat menuju lokasi Anak Ceria Anak Membaca di Desa Nagarajati Kec. Panawangan. Dengan kondisi yang basah karena sebelumnya diguyur hujan, di tengah perjalanan Tim dihadapkan dengan kendala. Kendaraan yang digunakan tidak bisa menerobos sebuah tanjakan dikarenakan medan yang sangat licin.
Setelah tertahan hampir selama satu jam akhirnya tim berhasil mengatasi kendala tersebut dan melanjutkan perjalanan ke lokasi Anak Membaca Anak Ceria. Setibanya di lokasi, tim langsung disambut oleh ketua Yayasan Manarul Huda dan disediakan tempat untuk bermalam.
18 Desember 2016, tim mulai melakukan persiapan akhir untuk kegiatan Anak Membaca Anak Ceria. Target kami bulan ini adalah RA Az-Zahro yang dikelola oleh Yayasan Manarul Huda bertempat di Desa Nagarajati Kec. Panawangan. Dan Alhadmulillah, respon terhadap kegiatan ini sangat baik terbukti dengan jumlah anak yang mengikuti kegiatan ini lebih dari 50 orang anak yang didampingi orang tuanya masing-masing.
Beberapa konten kegiatan yang memang biasa diadakan saat kegiatan Anak Membaca Anak Ceria kembali kita adakan disini, konten-konten kegiatan tersebut diantaranya adalah :
- Gemar makan Telur dan Sayuran
- Gemar Minum Susu
- Mengenal bentuk pola dan warna
- Kreasi anak (Game-game yang merangsang syaraf motorik anak)
- Parenting (Pembekalan tentang pola asuh terhadap anak agar anak gemar membaca
Selain respon yang baik dari anak-anak, respon positif pun ditunjukan dengan baik oleh para orang tua, terbukti dengan antusias yang ditunjukan oleh para orang tua ketika mengikuti Kegiatan Parenting (Pembekalan tentang pola asuh terhadap anak agar anak gemar membaca.
Ketua Yayasan Manarul Huda mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif dan baik. "Sangat positif, semoga dengan kegiatan seperti ini bisa meningkatkan minat baca anak-anak didik kami disini. Dan Insya Allah, jika melihat antusias dari anak-anak sekarang itu sudah menunjukan adanya peningkatan minat baca anak-anak ini" ujar Bpk. Asep Saepul Mikdad Mustofa selaku Ketua Yayasan Manarul Huda.
Beliau pun berharap agar bisa didirikannya perpustakaan tetap di Desa Nagarajati mengingat akses dari desa ini ke perpustakaan terdekat sangatlah jauh. "Ya kalau memugkinkan, saya berharap bisa dibuat Taman Baca yang menetap untuk Desa Nagarajati agar minat baca anak-anak disini terus meningkat dengan dirangsang oleh berbagai macam buku bacaan yang baru mereka temui. Karena sulit sekali bagi masyarakat disini untuk menjangkau perpustaak yang ada mengingat akses dari sini sangat jauh dan tidak memungkinkan" ujarnya.
Ketua FORMAGAT sendiri berharap, dari setiap kegitan Anak Membaca Anak Ceria yang diadakan setiap bulannya bisa menumbuhkan minat baca dari anak-anak yang juga didorong dengan pola asuh dari orang tua agar anak-anak mereka selalu gemar membaca. "Besar harapan kami, kegiatan Anak Membaca Anak Ceria yang kami adakan mampu lebih memotivasi anak-anak untuk membaca guna membangun bangsa di masa yang akan datang" ujar Ade Ainul Yakin selaku Ketua FORMAGAT yang baru.
Dan semoga, harapan-harapan yang tertuang dari kegiatan ini bisa terwujud di masa yang akan datang dan Anak-anak Indonesia khususnya di Kab. Ciamis senantiasa memiliki minat baca yang tinggi guna bekal mereka kelak.

"SALAM LITERASI....!!!"

0 comments:

Post a Comment

Ikuti Kami