Wednesday 21 December 2016

(Foto suasana Rapat Koordinasi Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kab. Ciamis bersama SKPD terkait dan LSM di Kab. Ciamis)
SAMPAH merupakan masalah yang dihadapi oleh hampir semua daerah di negara dunia. Tidak hanya itu di Indonesia sendiri masalah sampah ini sulit sekali terpecahkan karena samakin hari semakin meningkat tingkat volumenya.
Secara garis Besar Sampah dibedakan menjadi  :
1. Sampah Organik
    (sampah dapur, Sampah Restoran dll)
2. Sampah Anorganik
    (sampah logam, besi, alumunium, dll)
3. Sampah Berbahaya
    (Sampah botol, Baterai dll)
Di Kabupaten Ciamis sendiri khusunya, masalah sampah ini yang membuat keadaan tatanan kota ini menjadi kumuh dan bau, selain kumuh dan bau dari hari ke harinya itu sampah terus menumpuk dan pada akhirnya berserakan meskipun sudah di sediakannya tempat sampah oleh Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota tapi tetap saja hal ini terjadi penumpukan sampah. Maka dari itu masalah sampah di Kabupaten Ciamis ini menjadi tanggung jawab bersama.
Dengan adanya program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) yang titik fokusnya sekarang ini adalah masalah sampah maka perlu adanya sinergitas dari berbagai pihak dan elemen masyarakat, baik itu dari Dinas / Intansi terkait, LSM, Mayarakat, dan yang lainnya guna menjadikan Ciamis bersih dan tidak kumuh.
"Permasalahan sampah di Kabupaten Ciamis ini harus segera diatasi, karena sudah sering terjadi akibat dari sampah yang berserakan dan menumpuk selain bau juga terlihat kumuh, maka dengan adanya program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh ) kami dari FORMAGAT siap berafiliasi guna memajukan dan membangun Ciamis ini menjadi bersih dan  tidak kumuh, melalui program pendidikan yakni Taman Baca Galuh Tabayun yang sering di lakukan di tiap mingguna di Alun – alun Ciamis dan Program Sosial yakni Rumah Peduli FORMAGAT setiap 3 bulan sekali", ujar Ketua FORMAGAT Ade Ainul Yakin saat ditanya di sela-sela Rapat Kordinasi yang diadakan Dinas Cipta Karya pada hari Selasa, 20 Desember 2016.
"Tinggal kami kembalikan lagi kepada masyarakat, mau atau tidak lingkungan kita khususnya di Kabupaten Ciamis ini bersih dan tidak kumuh ?" tutupnya.

<Asep Wahid>

0 comments:

Post a Comment

Ikuti Kami